Bupati Kubar Resmikan Jembatan Temenggung Singa Yuda

Loading

Caption: Secara bersamaan Bupati Kubar FX Yapan didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan dan Direktur PT KLJ Mulyawan Tjandra meresmikan Jembatan Temenggung Singa Yuda, Rabu (16/12/2020).

Yapan: Satu satunya Perusahan Sawit Yang Peduli Kepada Masyarakat

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) FX Yapan didampingi Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan dan Direktur PT Kruing Lestari Jaya Mulyawan Tjandra meresmikan penggunaan jembatan Temenggung Singa Yuda, Rabu (16/12/2020).

Peresmian jembatan yang membelah sungai Kedang Pahu di Kecamatan Damai itu sepanjang 205 x 7.1 meter dengan kemampuan beban hingga 100 ton ini, menghabiskan anggaran biaya Rp 75 miliar dibangun oleh PT Kruing Lestari Jaya bekerjasama dengan Pemkab Kubar sejak Januari 2020.

Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, kegiatan pembangunan jembatan itu terwujud atas kuatnya komitmen PT Kruing Lestari Jaya (KLJ) kepada pemerintah guna memudahkan jalur transportasi masyarakat sekitar.

Ia berharap agar keberadaan jembatan itu bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sedangkan sebelum ada jembatan, masyarakat Damai menggunakan jasa perahu penyebrangan untuk sampai ke wilayah kampung semberang.

“Kita merasa bengga pembangunan jembatan ini bisa teruwujud. Kita patut berterimakasih kepada PT KLJ yang telah mewujudkan impian masyarakat selama ini. Sebab, jembatan ini diserahkan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit itu menjadi asset pemerintah,” ujar Yapan.

Yapan berharap keberadaan jembatan baru itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga diharapkan akan terbangun silaturahmi yang baik antara masyarakat setempat dengan pihak ketiga yaitu PT KLJ.

“Walaupun jembatan ini menjadi asset pemerintah, namun pihak PT KLJ bisa menggunakannya, sesuai dengan perjanjian kerjasama perusahan dengan Pemkab Kubar. Ini bisa menjadi percontohan bagi perusahaan lainnya,” tutur Yapan.

Bahkan ia menyebut PT KLJ merupakan satu satunya perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kubar yang sangat peduli atas kebutuhan masyarakat wilayah operasional kerjanya.

“Satu satunya perusahan sawit yang peduli  dan betul betul berdampak terhadap masyarakat. Kerena tidak hanya mementingkan kebutuhannya semata, yaitu PT KLJ ini. Oleh sebab itu, saya menghimbau agar masyarakat menjaga keutuhan dan keindahan jembatan ini,” tandas Yapan

Bahkan Yapan tak segan segan untuk menindak warga yang ingin merusak asset pemerintah. “Saya minta masyarakat bisa menjaganya. Jika ada yang merusak atau mencorat coret jembatan ini, maka akan di denda adat,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)