Warga Kelian Dalam Keluhkan Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Sudah sekian lama warga Kampung Kelian Dalam, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengeluhkan ruas jalan trans Kalimantan diwilayah ini bertahun tahun rusak parah.

Padahal, jalan itu merupakan jalan penghubung antar kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu. Selain itu, jalan rusak ini juga kerap memicu kecelakaan bagi pengguna jalan karena jalan dipenuhi lubang.

Oleh karena itu, warga mendesak pemerintah daerah untuk segera memperbaiki jalan itu melalui instansi terkait agar segera memperbaiki jalan yang aspalnya banyak mengelupas itu.

Petinggi Kampung Kelian Dalam Imran Rosadi

“Jalan penghubung antar kabupaten Kubar dan Mahulu yang berada di wilayah Kampung Kelian Dalam ini sudah rusak berat. Saya berharap tahun ini, pemerintah bisa memperbaikinya, paling tidak badan jalan bisa diberi batu agregat pengerasan,” ungkap Petinggi Kampung Kalian Dalam Imran Rosadi (43) saat ditemui tim Asosiasi Jurnalis Kubar-Mahulu atau (AJK) di kediamannya, Jumat (23/4/2021).

Selain itu, Imran yang menjadi petinggi kampung sejak tahun 2017 ini, menyebut jalan rusak tersebut sudah beberapa kali memakan korban pengguna jalan.

“Saya berharap agar bisa diperbaiki untuk memudahkan warga pengguna jalan, khususnya warga kampung setempat. Selain itu putra putri kita yang sekolah di Kota Sendawar, bolak balik melalui jalan ini. Tak jarang mereka jatuh dari sepeda motor saat melintasi ruas jalan tersebut,” keluh Imran.

Hasil pemantauan di lapangan, di sepanjang jalan itu, terdapat puluhan titik lubang mengangah dan rusak berat. Tiga diantaranya berdiameter 3 meteran dengan kedalaman 30 hingga 40 sentimeter. Padahal, jalan ini penghubung ini sebagai jalan alternatif ke Kecamatan Tering dan Kota Sendawar. Selain itu, juga tidak ada lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) disepanjang ruas jalan tersebut.

“Dulunya badan jalan ini beraspal, namun sudah lama rusak. Ini sangat membahayakan pengguna jalan. Warga kami sering kecelakaan tunggal tepat di jalan yang rusak itu,” keluh Lukas salah seorang warga mahulu yang melintas saat disambangi wartawan.

Ia menjelaskan jalan rusak itu terakhir diperbaiki beberapa tahun silam. Akan tetapi sekarang sudah rusak berat. Selain dipenuhi lubang, sebagian besar badan jalan yang beraspal dari wilayah tering menuju Kelian dalam sudah mengelupas.

“Bisa kita lihat, kondisi kerusakan jalan ini dibiarkan. Silahkan survei lapangan biar pemerintah tahu kondisi sebenarnya. Kami berharap OPD terkait di Pemkab Kubar segera memperbaiki jalan ini,” tandasnya.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts