Hanya 8 Kabupaten Kota Yang Berlaga Dalam Cabor Squash

Foto suasana perlombaan cabor Squash untuk kategori Perorangan Putri

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Pembukaan cabang olahraga (cabor) Squash digelar, Selasa (29/11/2022) bertempat di Gedung Squash Balikpapan, sekaligus kategori perorangan putra dan putri yang berlaga. Dimana dari 10 kabupaten kota se Kalimantan Timur (Kaltim) yang seharusnya turut serta dalam Pekan olahraga provinsi (Porprov) VII Kaltim, ternyata Kabupaten Mahakam Ulu dan Paser absen berlaga dalam cabor Squash. Sehingga hanya ada 8 kabupaten kota yang bakal bertanding yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), Berau, Kutai Timur (Kutim), Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Barat (Kubar) dan Bontang.               

Dalam kategori perorangan putra yang berlaga dihari pertama ini ada sebanyak 12 atlet. Dimana yang lanjut ke babak semi final atlet asal Kukar sebanyak 2 orang lalu atlet Balikpapan dan Samarinda masing masing 1 orang. Dimana ke 4 atlet tersebut bakal berhadapan di babak semi final. Sementara untuk kategori perorangan putri yang bertanding sebanyak 13 atlet. Dimana yang berhasil keluar dari babak penyisihan dan menuju babak semi final adalah atlet asal Balikpapan 2 orang lalu Bontang dan Kukar masing masing 1 orang. Begitu juga dalam kategori perorangan putri ada 4 atlet yang melaju ke semi final.

Menurut Tehnical Delegate (TD) cabor Squarsh Lili melalui Bagian Pertandingan Yanti Zulia, atlet yang berhasil masuk semi final baik kategori perorangan putra maupun putri bakal berlaga, Rabu (30/11/2022). Hasil dari babak semi final maka lanjut ke babak final yang mana bakal digelar Rabu (30/11/2022) juga. “Dalam cabor Squash ini karena ada 2 kabupaten yang absen sehingga lawannya dalam setiap kategori secara otomatis lanjut ke babak berikutnya. Dan untuk jumlah medali yang diperebutkan, untuk medali emas ada sebanyak 8, perak 8 dan perunggu 16,” jelas Lili.

Sementara itu penjelasan Ketua Panitia Pertandingan cabor Squash Aji Dony Muslim mengatakan, mengapa cabor ini digelar di Balikpapan karena faktor sesuatu hal, dan untuk lancarnya pelaksanaan perlombaan. Kedepan untuk cabor mudah mudahan semua daerah bisa memiliki venue memadai. “Dan khusus untuk para atletnya kami minta terus meningkatkan kemampuan dengan giat berlatih, guna memberikan hasil terbaik bagi daerah masing masing,” tutur Aji Dony Muslim.  

Sedangkan paparan Ketua Umum Pengurus Provinsi Squash Kaltim Seno Aji manyatakan, benar bahwa Mahakam Ulu dan Paser absen dalam Porprov VII ini karena kendala teknis. Perlu diingat Porprov ini ajang kompetisi, dan nanti akan menjadi jembatan seleksi atlet berbakat kejenjang nasional. Selain Porprov ada Kejurda di Desember nanti, sehingga setiap atlet lebih siap menghadapi Pra PON nanti.

“Kaltim punya target rebut medali emas pada PON nanti. Kita melihat banyak perkembangan posotif dari para kontingen, tahun 2023 bisa lebih baik lagi. Tahun depan banyak agenda yang akan kita kejar, termasuk pengiriman atlet berbakat ke Jawa untuk adu bakat disana, bahkan jika memungkinkan kita kirim ke luar negeri untuk cabor ini,” papar Seno Aji yang merupakan Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kaltim tersebut. Masih Seno, yang harus dijaga ada 4 pilar utama dalam cabang olahraga, yaitu Atlet, Pelatih, Juri dan Wasit serta struktur. Ke 4-nya harus selalu kompak untuk menghasilkan atlet yang berbakat.

“Di Kejurnas yang lalu, memang saya tunjuk wasit Kaltim untuk menjadi koordinator wasit untuk menunjukkan di kanca nasional, bahwa Kaltim juga memiliki SDM unggul dan tidak kalah persaingan tingkat nasional. kedepan kita terus lakukan pelatihan dan kirim pelatih kita untuk menjadikan atlet Kaltim semakin ber SDM. Untuk kelas putri ada juga beberapa atlet yang sudah keluar sebagai juara ditingkat nasional, dan saya harapkan bisa muncul atlet berbakat lainnya. Pesan saya jaga emosi, bermain dengan baik, jaga fighting spirit agar permainan selalu berkualitas,” tambah Seni Aji.

Dalam Cabor ini lanjutnya, ada 120 Atlet asal 8 Kabupaten Kota yang berlaga. Mudah mudahan hasil terbaik dari Porprov ini nanti bisa dibawa ke Kejurnas dan membuahkan hasil sebagaimana diharapkan. Khusus Mahakam Ulu dan Paser masih belum siap atletnya. Ada 8 nomor yang dipertandingkan yaitu, ganda putra putri, tunggal putra putri, campuran putra putri, beregu putra putri. “Untuk skala nasional ada 4 Provinsi yang berpeluang memperoleh medali emas di cabor Squash ini yakni DKI, Jabar, Jateng dan Kaltim,” Seno Aji mengakhiri. (Nht/Advporprov7)

Loading