Kunjungan ke Manika Kaltim, Ketua Dekranasda Apresiasi Produk Laris di Masa Pandemi

Ketua Dekranasda kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun berkunjung ke workshop Manika Kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kunjungan pembinaan ke perajin juga dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda ke perajin manik Manika Kaltim. Yang membuat surprise ketua Dekranasda kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun produknya laris manis dengan konsumen dari luar daerah.
Kunjungan pembinaan Dekranasda ini dilakukan di workshop Manika Kaltim jalan KH Harun Nafsi RT 25 no 45 kelurahan Rapak Dalam kecamatan Loa Janan Ilir, Selasa (7/9/2021).
“Ini lagi dipesan Gubernur Bank Indonesia. Tinggal dikirim aja lagi bu,” ucap Owner Manika Kaltim Padlian menjelaskan kepada rombongan.
Tak hanya itu, lanjutnya saat ini pun sedang menyelesaikan pesanan Bank Indonesia untuk kegiatan fashion show acara Karya Kreatif Indonesia (KKI). Adapun produk yang dipesan berupa tas bakul dan tas kaban serut.
Untuk promosi, lanjut Padli selain membuka workshop juga memiliki showroom di jalan Gajah Mada komplek Pasar Pagi lantai dasar Blok B & C Samarinda. “Kita juga gencar promosi melalui media sosial dan juga terus menjalin kemitraan-kemitraan seperti melalui perbankan salah satunya,” beber Padli lagi.
Sementara Rinda mengapresiasi atas kegigihan dari Manika Kaltim dalam berpromosi dan menjalin kemitraan sehingga pangsa pasar terus tercipta.
“Kembangkan terus pangsa pasar dengan melakukan promosi melalui apapun. Terus rawat pelanggan kita, dari pelanggan kita yang tidak kecewa dengan kita merawat akan menjadi promosi gratis kita. Mereka-mereka inilah yang dari mulut ke mulut mempromosikan produk-produk kita. Jangan bikin kecewa pelanggan kita,” pesan Rinda isteri wali kota Samarinda Dr Andi Harun.
Selain itu lanjut Rinda agar terus menggencarkan lewat media sosial (medsos).
“Lewat medsos ini efektif. Share aja terus kegiatan-kegiatan dari Manika Kaltim dan share juga produk-produk. Tidak mahal dan tidak perlu membuang waktu banyak kalau kita promosi lewat medsos ini,” pesan Rinda lagi.
Ketika promosi dan relasi sudah kuat, lanjutnya saat Pandemi pun tidak terlalu terpukul.
“Buktinya ada aja kan memesan produk Manika Kaltim. Jadi itu pentingnya merawat kemitraan dan perkuat promosi, sehingga bisa jangka panjang,” tutur Rinda yang dalam kesempatan itu didampingi Plt Kepala Dinas Perindustrian Samarinda, kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda Jusmaramdana Alus dan pengurus Dekranasda kota Samarinda.(dho)

Bagikan:

Related posts